indonesia berkarya

Jumat, 06 Mei 2011

BREW

APA ITU BREW?

Mungkin dari sebagian orang sudah ada yng mengetahui BREW, bagi yang blm mengetahui saya akan menjelaskan apa itu BREW.

D
alam dunia IT, kita mengenal istilah Aplikasi maupun Sistem Operasi. Aplikasi ialah bagian yang berada di atas Sistem Operasi. Misalkan  Sistem Operasi Windows, di atasnya terdapat berbagai Aplikasi sperti: aplikasi pemutar musik (WMP) pengolah gambar, dokumen, dan lain sebagainya.
secara sederhana, BREW (Binary Runtime Environment for Wireles) bisa dikatakan sejajar dengan Sistem Operasi. Atau lebih tepatnya disebut sebagai platform. BREW bekerja di level firmware, yaitu di chipest handset CDMA. Di sisi lain, kita juga mengenal istilah JAVA ( tergolong sebagai aplikasi ). JAVA banyak di kenal dengan kemampuannya bekerja di atas Sistem Operasi Symbian. Padahal JAVA pun bisa bekerja di atas BREW, sebab BREW tergolong sebagai platform.
Platform BREW digunakan sebagai pengembangan aplikasi berbasis piranti lunak yang memungkinkan para pengembang untuk menciptakan beragam jenis aplikasi piranti lunak untuk perangkat bergerak.
BREW merupakan air-link agnostic yang beroperasi dengan CDMA2000, GSM/GPRS dan WCDMA serta memungkinkan para pengembang  untuk dengan cepat dan secara hemat menciptakan beragam aplikasi nirkabel.

BAGAIMANA KARAKTERISTIK BREW ITU?

  1. dipasang diponsel.
  2. Tidak bisa dipindahkan
  3. Hanya ada di server operator
  4. Terproteksi atau tidak bisa di bajak

Solusi BREW meningkatkan pengalaman bagi para pengguna dan menciptakan layanan serta pendapatan baru untuk pasar nirkabel. Pelanggan BREW dapat memperoleh ke untungan dari layanan ini yang meliputi:
  1. uiONE: untuk pengalaman pengguna yang kaya, terintegrasi dan dinamis dalam menggunakan perangkat nirkabel
  2. deliveryOne: untuk dukungan innetwork terintegrasi dan unik serta menghadirkan beragam data content dan layanan.
  3. marketOne: untuk layanan quick-to-market, hosted, dan scalabel yang meliputi beragam media title dan manegement yang fleksibel.
Solusi lainnya termasuk Qchat untuk layanan push-to-talk berbasis CDMA, solusi location position Qpoint.

Layanan BREW merupakan basis bagi kemampuan data nirkabel yang beragam. Layanan BREW menyediakan pendekatan yang terbuka, mudah diterapkan dan modular untuk mendorong pengguna layanan data nirkabel canggih dan meliputi beragam perangkat dan layanan yang dapat digunakan baik secara terpisah maupun  untuk memenuhi kebutuhan individu yang berbeda dalam pasar nirkabel global.

BREW  menyediakan solusi industri yang komprehensif, termasuk bagi pengembang, untuk memberikan layanan canggih secara virtual sebagai konten multimedia. Mulai dari full-trak music, ringtones dan wallpaper, hingga streaming audio, video, navigasi, dan games.

BREW merupakan solusi dalam menghadapi cepatnya perubahan layanan dan konten wireless. Karena BREW di desain sesuai bagi komunitasnya. Daro developer, publisher manufakur perangkaat sampai operator.

BREW pun menawarkan beragam pola pemasaran serta penjualan. Pola yang di tawarkan tersebut membuat aplikasi yang ada selalu di updates secara terus menerus. Selain itu juga ada Catalog Management yang efisien dan semua pola yang ditawarkan sangat fleksibel dalam pilahan harga. Baik secara berlangganan maupun menggunakan secara micro-payment.

Intinya adalah BREW mempermudah konsumen untuk mendapatkan konten baru. Denagn tetap memperhatikan keamanan dan sistem pengriman yang handal. Baik dalam mengatur billing, pembayaran dan penerimaan uang. Sehingga, BREW menjadi cara yang pasti untuk mendapatkan keuntungan dan pendapatan bagi komunitas glonal yang terdiri dari: operator, manufakur, pengembangan konten dan publisher yang sedang membangun industri ini dengan satu aplikasi perangkat serta relationship dalam satu waktu.

SIAPA PEMILIK LISENSI BREW?

Salah satu pemilik lisensi BREW ialah QUALCOMM. Layan yang ditangani oleh QUALCOMM Internet Service atau QIS (sebuah devisi QUALCOMM). Kerjasama QUALCOMM dengan operator yaitu, QUALCOMM sebagai platformnya. Contohnya di Indonesia, operator  Mobile-8 menjual layanan langsung ke end user menggunakan platform BREW.

Sementara untuk di luar negeri, QUALCOMM memiliki kerjasama dengan 67 operator di seluruh dunia. Dari sisi Content Provider (CP), teknologi BREW dari QUALCOMM ini cukup menarik. Para CP tidak perlu kontak satu per satuoperator yang ada di seluruh dunia. Cukup kerjasama dengan QUALCOMM, maka sudah bisa jualan kepasar yang sangat luas di seluruh dunia. QUALCOMM yang punya market place nya di laur negeri. Para CP tinggal atur harga yang diinginkan berapa, lalu produknya bisa langsung di ketahui di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar